Optimasi Gambar Pada Website

25
Sep 2023
Kategori : SEO
Penulis : admin
Dilihat :152x

Optimasi gambar berfungsi untuk bisa mengkompres gambar agar website bekerja maskimal dari segi kecepatan. Maka sebelumnya perlu di pahami bahwa optimasi gambar sangat penting pada sebuah website. Inilah beberapa alasan yang perlu di ketahu serta langkah yang harus di lakukan dalam optimasi gambar di website.

Alasan Otimasi Gambar Pada Website

Ada beberapa alasan kenapa akhirnya harus melakukan optimasi gambar pada bagian website. Ini beberapa hal yang bisa di pahami agar tampilan pada website untuk SEO semakin optimal.

1.Menghemat Space Hosting

Jika ukuran gambar tampak sudah kecil, maka berpengaruh pada space hosting yang di gunakan. Sehinga masih banyak sisa spave hosting yang bisa di gunakan untuk melakukan penyimpanan gambar dan lebih banyak ruang.

2.Meningkatkan Kecepatan Untuk Loading Website

Jika gambar sudah optimasi maka kualitas gambar jadi lebih menurun dan hal ini berpengaruh pada kecepatan. Sehingga pentingnya gambar yang lebih rendah kualitasnya untuk mengaktivasi cara optimasi pada website sehingga kecepatannya stabil.

3.Menaikkan Traffic

Saat banyak space pada hosting dan mampu memberikan ruang banyak untuk gambar. Cobalah untuk memanfaatkan space gambar-gambar menarik di website sehingga mampu menaikkan traffic dengan cara mengundang untuk klik gambar tersebut.

4.Meningkatkan Rangking SEO

Saat akan menaikkan rangking SEO caranya dengan menyajikan gambar di sertakan alt gambar. Hal ini akan berfungsi saat keyword pencarian gambar bekerja, dan akan membuka berdasarkan alt gambar yang ditampilkan.

Itulah beberapa alasan kenapa harus melakukan optimasi gambar untuk website. Lalu bagaimana caranya agar optimasi gambar tersebut bisa maksimal di lakukan. Cobalah memahami beberapa hal di bawah ini.

Baca Juga : Perbedaan SEO dan SEM

Cara Optimasi Gambar Pada Website

Ada beberapa cara untuk melakukan optimasi gambar untuk website yang bisa di lakukan. Sehingga pada tahapannya optimasi gambar ini akan bekerja sempurna pada website, inilah langkah yang di lakukan.

1. Kecilkan Ukuran Gambar

Biasanya gambar akan berukuran besar, hal ini akan berakibat website tidak optimal bekerja. Maka cobalah untuk mengganti atau mengkompres ukurannya dengan tools yang ada sehingga mampu menghasilkan gambar dengan ukuran yang kecil. Meskipun di lakukan kompres tetap kualitas gambar tidak berubah dan sesuai dan jelas seperti aslinya.

2. Penyesuaian Dimensi Gambar

Cara optimasi gambar pada website yaitu dengan melakukan penyesuaian dimensi gambar yang ada, dimensi ini bisa di pilih ke ukuran yang sedang. Atau sesuaikan dengan ukuran dimensi yang memang tersedia pada masing-masing website. Jangan sampai mengupload ukuran di atas website yang tersedia, akan meperlambat kerja website.

3. Atur Jenis File

Ada berbagai macam jenis file yang di jumpai, berupa jpeg, gif, png dan sebagainya di website. Maka saat akan memformat jadi gambar yang baru, pilihlah file yang ukurannya paling kecil serta kualitas terbaik. Sehingga website tetap optimal bekerja dengan menampilkan gambar file yang terbaik sesuai dengan ukurannya.

4. Beri Nama Pada Gambar

Saat akan mengulpoad ke website maka sebaiknya berilah nama file yangs esuai dengan konten yang sedang dibahas. Sehingga tampak relevan dan nantinya google juga akan membaca file tersebut dan membantu dalam traffic google search engine.

5. Maksimalkan Alt Text

Alt text ini memiliki peranan yang penting dalam menaikkan traffic SEO dan cara optimasi gambar pada website. Pasalnya pemberian alt text pada gambar akan terdeteksi pada saat memasukkan keyword di search engine. Sehingga website tetap bekerja optimal dengan kemunculan gambar yang relevan tersebut.

6. Pakai Leverage Browsing Caching

Penggunaan leverage browsing caching akan membantu visitor untuk pengaksesan gambar yang tinggi dan akan datang lagi ke website. Contohnya saat membuka web dan melihat semua gambar yang ada pada browser selanjutnya hal itu di lakukan kembali. Sehingga tidak perlu loading gambar karena sudah tersimpan di caching browsing.

7. Gunakan Sitemap Gambar

Konten tanpa gambar tentunya tidak akan terlihat menarik, maka gambar menjadi bagian penting di konten. Maka pillihlah nama file dengan jelas sesuai konten, kemudian maksimalkan lat gambar dengan judul konten. Bisa juga dengan memanfaatkan plugin untuk SEO agar tak perlu lagi mensetting karena sitemap sudah relevan.

Itulah beberapa cara optimasi gambar pada website yang bisa di lakukan, selanjutnya tinggal mendapatkan hasil maksimal untuk SEO. Sehingga tingkat kecepatan website dan traffic web pun tetap naik dan selalu berada di jajaran teratas mesin pencari google.