Layanan Hosting Indonesia Sesuai Kebutuhan

19
Sep 2023
Kategori : Hosting
Penulis : admin
Dilihat :64x

Layanan Hosting Indonesia – Website atau blog merupakan salah satu sumber informasi yang bisa diakses oleh masyarakat umum. Berbagai tema atau Niche bisa beli temukan pada halaman pencarian atau browser. Anda cukup mengetikkan kata kunci atau tema yang anda butuhkan maka beberapa website akan muncul memberikan informasinya.

Para pemilik website tentunya harus memastikan performa dari websitenya sangat baik dan berjalan normal. Sebab beberapa di antaranya menjadi Sumber penghasilan bagi seseorang. Untuk membantu performanya menjadi lebih baik maka terdapat banyak kebutuhan yang harus di penuhi.

Salah satu kebutuhan SEO yang perlu Anda penuhi ialah penggunaan layanan hosting. Web hosting merupakan sebuah penyewaan server yang dapat menyimpan data sebuah situs sehingga bisa di tampilkan bagi pengguna internet yang mengaksesnya. Website yang Anda miliki bisa memiliki tampilan yang lebih menarik dan mudah di akses.

Layanan ini pada dasarnya tidak hanya memiliki satu jenis saja. Layanan tersebut terdiri dari beberapa jenis dengan beberapa keunggulan dan klasifikasinya berdasarkan jenis website. Tidak semua web cocok dengan setiap jenis layanan tersebut. Anda bisa menganalisis terlebih dahulu layanan mana yang cocok untuk kebutuhan website yang Anda miliki.

Nantinya web ini akan berpusat pada satu server atau pengaturan yang sudah di atur sedemikian rupa sehingga mempermudah pengaksesannya. Anda perlu mengenal lebih jauh masing-masing dari jenis layanan hosting tersebut. Nantinya Anda bisa menentukan bagian mana yang cocok untuk website yang Anda miliki.

Untuk itu, Anda bisa membaca beberapa penjelasan berikut ini mengenai jenis-jenis dari layanan untuk hosting bagi website yang Anda miliki.

Jenis-jenis Layanan Hosting Indonesia

Shared Hosting

Jenis ini merupakan layanan yang cukup tepat bagi Anda yang belum memiliki pengalaman dalam pembuatan serta operasional website. Layanannya sangat cocok untuk web yang belum memiliki traffic yang tinggi. Selain itu, jika web tersebut belum memiliki jumlah pengunjung yang cukup banyak maka Shared hosting ini sangat bisa membantu.

Jika Anda masih menjadi seorang pemula dalam pengelolaan website maka jenis ini bisa Anda pilih. Hal ini di karenakan layanan hosting ini memiliki cara penggunaan yang relatif lebih mudah di bandingkan jenis lainnya. Selain itu, layanan ini bersifat fully managed yang berarti pengelolaan serta konfigurasi server ditanggung sepenuhnya oleh penyedianya.

Hal ini tentu bisa membuat Anda lebih mudah untuk beradaptasi sehingga hanya fokus pada website saja tanpa perlu dipusingkan dengan pengoperasian layanan tersebut. Dengan layanan ini Anda bisa lebih fokus dalam pengembangan website sehingga traffic dan pengunjungnya bisa berangsur naik.

Shared hosting akan di sertai oleh panel kontrol yaitu cPanel yang cukup mudah untuk di gunakan. Selain mudah, layanan hosting ini juga memiliki penawaran harga yang sangat terjangkau bagi pemula yakni bisa mulai dari 10 ribu per bulannya. Harga ini bisa Anda dapatkan melalui Niagahoster sehingga lebih mudah diperoleh.

Bagi web yang tidak memakan sumber daya yang besar maka layanan ini cukup bisa di andalkan. Jika sumber daya yang di perlukan cukup besar maka Anda bisa memilih jenis layanan lain yang sudah dirancang khusus untuk hal tersebut. Sebab, Shared hosting memiliki sumber daya yang cukup terbatasa jika dibandingkan jenis yang lainnya.

Satu server Shared hosting bisa digunakan untuk beberapa website sehingga jika terjadi oberload pada salah satu web maka otomatis akan berdampak pada web lainnya. Sebisa mungkin gunakan layanan ini hanya untuk satu web saja untuk menghindari adanya gangguan antar web yang digunakan.

Jika menggunakan layanan hosting ini maka Anda tidak akan memperoleh akses untuk melakukan perubahan konfigurasi server agar bisa sesuai dengan kebutuhan pada web. Anda hanya akan menerima konfigurasi seadanya dari server dan tentunya Anda sendirilah yang harus menyesuaikan dengan konfigurasi tersebut.

Cloud Hosting

Berikutnya terdapat jenis Cloud hosting yang memiliki kebutuhan daya yang lebih besar di bandingkan jenis sebelumnya. Jika Anda belum begitu memiliki pengetahuan teknis pada web namu tetap membutuhkan daya yang besar maka Cloud hosting bisa menjadi solusinya. Jenis layanan ini menawarkan kemudahan yang hampir sama dengan Shared hosting.

Perbedaannya terletak pada kapasitas penyimpanan dan bandwith yang dimilikinya lebih tinggi dibandingkan Shared hosting. Meski begitu, layanan ini tetap ramah bagi para penggunanya dengan sifatnya yang fully managed. Nantinya Anda bisa lebih fokus terhadap pengelolaan web maupun toko online khusus yang di kelola menggunakan layanan ini.

Mekanisme yang di miliki oleh layanan ini cukup unggul karena data web yang di miliki oleh penggunanya akan di duplikasi serta di simpan pada beberapa server. Jika terdapat masalah pada salah satu server maka server lainnya bisa di aktifkan sehingga web masih bisa tetap berjalan seperti biasa.

Sumber daya dari servernya tidak di gunakan bersama seperti pada Shared hosting. Web yang Anda miliki tidak akan melambat jika terdapat web lain yang mengalami overload. Beberapa web bisa tetap aktif dan berjalan dengan baik dengan menggunakan layanan hosting yang sama dalam satu waktu.

Namun sayangnya untuk layanan ini Anda perlu membayar dengan harga yang sangat jauh berbeda dari Shared hosting. Jika jenis sebelumnya hanya membutuhkan puluhan ribu rupiah saja, untuk jenis ini Anda membutuhkan dana mulai dari 150 ribu rupiah per bulan. Selisihnya sangat jauh berbeda karena pelayanannya pun cukup berbeda.

Akses konfigurasi servernya juga tidak di berikan pada jenis layanan ini. Untuk itu, Anda hanya bisa menggunakan konfigurasi yang ada pada server bawaannya. Pastikan Anda mengenal dan mempelajarinya terlebih dahulu agar untuk hal ini Anda bisa lebih menanganinya. Dengan begitu, pengelolaannya bisa lebih maksimal lagi.

Secara umum memang Cloud hosting ini dapat dikatakan satu tingkat lebih tinggi levelnya di bandingkan Shared hosting. Kualitas yang di peroleh memang lebih maksimal namun harga yang perlu di bayarkan juga tentunya lebih tinggi. Jika Anda sudah cukup lama mengelola sebuah website maka layanan hosting ini bisa Anda pilih.

VPS Hosting

VPS merupakan singkatan dari virtual private server. Layanan ini merupakan pilihan bagi pengguna yang akan membutuhkan daya yang cukup besar sehingga membutuhkan keleluasaan lebih untuk menyesuaikan pengaturan server. Penyesuaiannya akan di samakan dengan kebutuhannya masing-masing.

Secara umum layanan ini lebih terjangkau di bandingkan Cloud hosting. Konsepnya cukup mirip dengan Shared hosting yang menggunakan satu server untuk bisa di akses oleh beberapa website sekaligus. Namun sumber daya dari layanan hosting ini bersifat dedicated di mana performa website tidak akan terpengaruh oleh masalah yang terjadi pada website lainnya.

Anda bisa bebas memilih sistem operasi server untuk menentukan sistem operasi yang akan di gunakan sesuai dengan kemampuan teknis dan kebutuhan website. Hal ini memberikan keleluasaan tersendiri bagi Anda sehingga tidak terlalu monoton dengan sistem operasi yang ada.

Selain itu Anda juga memiliki keleluasaan dalam menentukan jenis panel kontrol. Layanan ini akan menawarkan opsi panel kontrol yang canggih seperti Webuzo dan VestaCP. Anda juga bisa memilih cPanel untuk mendapatkan kemudahan lainnya. Hal ini menjadi keunggulan tersendiri dari layanan hosting tersebut.

Anda bisa memiliki akses untuk mengubah berbagai pengaturan server hosting yang akan di gunakan. Hal ini biasa di sebut dengan root access. Ada pula dedicated IP yang membuat reputasi IP address website yang Anda miliki tidak akan terpengaruh oleh website lainnya. Hal ini menjadi proteksi tersendiri bagi website yang Anda jalankan.

Dari segi harga VPS hosting ini memiliki biaya yang sedikit lebih rendah di bandingkan Kudus hosting yaitu mulai dari Rp.104.000 per bulan dari Niagahoster. Dari segi harga memang sedikit lebih terjangkau dan bisa termasuk kedalam harga yang cukup standar terutama bagi Anda yang belum lama bergabung di dunia website.

VPS hosting bersifat self managed yang berarti anda memiliki tanggung jawab untuk mengelola server itu sendirian. Layanan hosting ini memiliki berbagai pengaturan server yang membutuhkan keahlian dalam menggunakan command Line yang sesuai dengan sistem operasi pada server.

Untuk itu sebelum menggunakan layanan tersebut Anda perlu menguasai dan mengetahui pengetahuan mengenai server dan layanan tersebut dengan cukup detail. Layanan tersebut tidak memiliki pengetahuan teknis namun membutuhkan kapasitas penyimpanan dan bandwidth yang lebih besar di bandingkan shared hosting.

Jika hal ini terjadi maka layanan hosting yang Anda butuhkan ialah Cloud hosting dan bukan VPS hosting. Untuk itu sangat penting bagi Anda untuk mempelajari bagaimana cara menggunakan atau mengoperasikan VPS hosting karena memiliki sedikit kerumitan terutama dalam segi servernya.

Dedicated Hosting

Berikutnya terdapat dedicated hosting yang merupakan bentuk grade dari jenis VPS hosting. Dari segi kemampuan pada dasarnya juga cukup sama dengan VPS. Namun untuk layanan ini satu server hanya bisa di gunakan oleh 1 pengguna saja. Tujuan dari layanan hosting ini tidak lain untuk menghindari adanya overload dan gangguan dari website lain.

Server yang di milikinya tidak dikasihkan untuk satu orang saja yaitu Anda sebagai penggunanya. Anda tak perlu khawatir dengan terjadinya downtime yang cukup merugikan bagi Anda. Kapasitas penyimpanan yang bisa di peroleh otomatis akan lebih besar dari beberapa jenis hosting sebelumnya.

Bagi Anda yang sudah memiliki website dengan banyak pengunjung dan banyak data maka dedicated hosting sangat cocok untuk Anda gunakan. Hal ini sangat membantu Anda untuk terus meningkatkan traffic dan jumlah pengunjung serta kualitas dari website yang Anda miliki. Sebab risiko adanya gangguan lebih sedikit di bandingkan jenis hosting lainnya.

Keunggulan yang ada pada layanan hosting ini hampir sama dengan VPS hosting yaitu adanya root access, dedicated IP dan kebebasan dalam memilih sistem operasi beserta panel kontrol. Fitur dan keunggulan tersebut memberikan kemudahan bagi anda untuk terus meningkatkan kualitas dari website yang Anda miliki.

Pengoperasian dedicated hosting mewajibkan Anda untuk memiliki pengetahuan teknis tingkat tinggi di karenakan pengelolaan server tidak dilakukan oleh penyedia hosting tersebut. Di samping itu di bandingkan beberapa jenis lainnya layanan dedicated hosting memiliki biaya yang lebih mahal untuk perbulannya.

Rata-rata harga dari layanan hosting ini di atas Rp.1.000.000 per bulannya. Akan tetapi dengan harga yang cukup tinggi ini Anda tentunya bisa mendapatkan kualitas yang lebih maksimal untuk meningkatkan performa website. Hasilnya akan lebih berbeda dengan menggunakan layanan hosting ini dibandingkan layanan lainnya.

Setelah mengenal beberapa jenis layanan dari hosting tersebut berikutnya Anda juga perlu mengetahui sekilas informasi mengenai perusahaan mana yang menyediakan layanan tersebut. Perusahaan tersebut biasanya juga tersedia secara online dalam bentuk web atau blog. Masing-masing memiliki jenis pelayanan serta harga yang berbeda.

Beberapa contoh berikut ini bisa Anda pilih untuk membeli jenis layanan hosting untuk kebutuhan website yang Anda miliki.

Daftar Harga Hosting Murah Kualitas Terbaik

  • Niagahoster : Mulai 24.990 / bulan
  • IDCloudHost : Mulai 15.000 / bulan
  • Domainesia : Mulai 12.250 / bulan
  • Hostinger : Mulai 23.000 / bulan
  • Ardetamedia : Mulai 10.000 / bulan
  • Masterweb : Mulai 20.000 / bulan
  • Dewaweb : Mulai 20.000 / bulan
  • Jogjahost : Mulai 15.000 / bulan

Untuk bisa melakukan pembelian layanan hosting maka pastikan Anda mengetahui dan mempelajari setiap pengertiannya terlebih dahulu. Terlebih beberapa jenis layanan membutuhkan pengetahuan teknis yang lebih detail sehingga banyak hal yang perlu di lakukan dengan sistem khusus.

Setelah mempelajarinya barulah Anda bisa menentukan layanan mana yang akan di pilih dan dari perusahaan mana Anda akan membelinya. Hal tersebut sangat berpengaruh terhadap website yang Anda miliki serta pengeluarannya nanti. Beberapa perusahaan tersebut memiliki detail dan harga masing-masing.

Setiap website tentunya memiliki spesifikasi dan tipe tersendiri sehingga jenis layanan yang di pilih juga akan berpengaruh. Harga yang akan Anda bayar untuk jenis layanan ini tentunya bergantung dari pendapatan yang berasal dari website itu sendiri. Jika Anda masih baru dalam mengelola website maka pilihlah jenis yang sesuai.

Sebagai pengguna yang masih baru maka Anda bisa menggunakan layanan hosting yang cukup simpel dan memang di peruntukkan bagi pemula. Berdasarkan penjelasan di atas pelayanan yang sangat cocok untuk pemula ialah Shared hosting. Layanan tersebut memiliki peraturan dan server khusus yang sangat cocok untuk pemula.

Meskipun bisa terhubung untuk beberapa website namun nyatanya jenis layanan tersebut sangat aman bagi setiap pemula. Jika Anda ingin membuat performa website yang baru Anda jalankan menjadi lebih baik maka pilihlah jenis shared hosting. Jika sudah memiliki traffic dan pengunjung yang cukup banyak barulah Anda bisa meningkatkannya pada jenis hosting lain.

Untuk memilih jenis layanan yang akan di gunakan maka pastikan Anda juga bersedia terhadap kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Akan tetapi hal yang paling penting ialah Anda harus bersedia melakukan pembayaran tepat waktu perbulannya berdasarkan harga yang sudah di pastikan sebelumnya.

Hal ini bisa membuat Anda lebih memahami bagaimana penggunaan layanan hosting yang akan Anda libatkan dalam pengelolaan website kedepannya. Memilih jenis layanan tersebut cukup penting agar Anda bisa memenuhi kebutuhan dari website yang di miliki. Hasilnya pun tidak sembarangan karena bisa memaksimalkan penggunaan website tersebut.

Pastikan Anda mempelajari dan mengetahui mengenai detail dari setiap jenis layanan tersebut agar bisa lebih mudah dalam penggunaannya. Terkadang beberapa orang merasa kesulitan dalam pengoperasiannya di akibatkan ia minim dalam pengetahuan mengenai layanan tersebut.

Cari sumber dan referensi terpercaya untuk bisa mengetahui dan mendapatkan informasi mengenai layanannya sesuai kebutuhan Anda. Setiap hal di dalamnya di kelola dan di lakukan dengan sangat baik jika Anda mendapatkan pengetahuan yang terpercaya sebelumnya.

Dengan mempelajari layanan hosting Anda tidak akan merasa sia-sia karena bisa mendapatkan informasi untuk lebih mengembangkan website yang di miliki. Nantinya web tersebut bisa lebih maksimal dalam memberikan penghasilan atau pendapatan bagi Anda kedepannya.