Nama Domain Beserta Fungsi Kegunaannya

19
Sep 2023
Kategori : Domain
Penulis : admin
Dilihat :73x

Bagi seorang SEO tentu sudah tidak asing dengan nama domain maupun fungsinya. Ia merupakan alamat website yang di miliki oleh seseorang, komunitas atau instansi tertentu, sehingga memudahkan dalam mengakses konten yang di tawarkan oleh pengelola website tersebut.

Domain juga di kenal dengan pengertian yang lebih jelas, yakni sebuah alamat yang akan mengantarkan Anda ke website tujuan. Domain sendiri merupakan bentuk sederhana dari alamat IP, alamat yang dulunya di gunakan era awal internet. Ia juga lebih mudah di lafalkan dan di ingat sebagai pengganti dari bentuk alamat IP.

Fungsi dan Cara Mendapatkan Domain Pribadi

Untuk mendapatkan nama domain, Anda bisa mendaftarkan website yang sudah Anda miliki ke ICANN. ICAAN merupakan korporasi yang ada di internet yang bertugas untuk mengatur nomor dan nama yang sudah terdaftar secara legal, untuk kemudian memilih eksistensi domain yang di gunakan.

Jika sudah memiliki domain pribadi, maka pengunjung blog atau website Anda sebelumnya bisa dengan mudah mengidentifikasi web hosting yang di miliki. Jika Anda merupakan pengusaha dan berbisnis dalam bidang daring, maka hal ini cukup penting untuk di lakukan agar produk atau jasa semakin laris.

Nama dalam domain tergolong unik, di mana Anda tidak bisa mendaftarkan nama domain yang sudah ada sebelumnya. Dengan sistem ini, maka Anda tidak bisa menemukan domain dengan nama yang persis, membuat keunikannya menjadi keunggulan domain dalam mengidentifikasi masing-masing user pemilik.

Jenis dan Contoh Nama Domain

Ada berbagai contoh nama domain yang bisa Anda gunakan sebagai pelengkap website Anda. jika masih kebingungan menentukan pilihan yang tepat, berikut adalah berbagai jenis dan contoh nama untuk domain yang bisa Anda pilih, diantaranya adalah:

Domain .Com

Merupakan jenis domain yang paling banyak di gunakan, ia hampir menguasai lebih dari 50 persen domain yang ada di internet. Domain com juga merupakan domain top level yang berada dalam tingkat tertinggi, ia memiliki keunggulan bersifat universal sehingga bisa di akses tanpa adanya batasan regional.

Awalnya nama com sebagai domain di gunakan untuk kepentingan bisnis, namun sekarang penggunannya sudah lebih luas. Com sendiri merupakan kependekan dari commercial, yang berarti hal-hal komersil dalam bahasa Inggris. Anda juga bisa menggunakan alamat domain ini apabila ingin website yang di keloa memilki kesan yang lebih professional.

Domain .Info

Nama domain selanjutnya adalah info, yang lebih di fokuskan pada media yang berkenaan dengan hal-hal informasi. Tidak semua pengguna atau user internet menggunakan domain ini, kecuali mereka memang fokus memberikan informasi kepada pengunjung yang datang ke websitenya.

Domain .Biz

Anda tentu tidak asing dengan domain yang bernama biz, meskipun jenis domain ini sudah tidak banyak di gunakan di internet. Sama seperti domain com, ia merupakan domain yang di fokuskan untuk bisnis.

Meskipun sama-sama untuk bisnis, namun ia lebih di fokuskan dalam bisnis perdagangan, sehingga untuk jenis bisnis yang lain ia agak sulit di gunakan. Anda yang sedang mengelola bisnis perdagangan bisa mulai menggunakan domain ini agar perusahaan lebih terpercaya dan professional.

Bagaimana Cara Pendaftaran Domain Edu

Selain ketiga domain di atas, ada lagi tipe domain yang bisa Anda gunakan, yakni domain edu. Domain ini digunakan untuk lembaga atau instansi pendidikan, sehingga tidak cocok untuk Anda yang hendak mengembangkan bisnis.

Ia juga bisa di gunakan untuk website yang menyediakan jurnal perguruan tinggi maupun instansi pendidkan sejenisnya. Penggunaan edu dimaksudkan untuk membuat nama domain tersebut relevan dengan bidang pendidikan dan apa yang ada didalamnya.

Apabila Anda hendak menggunakan domain edu untuk website yang Anda kelola, cara berikut ini bisa Anda lakukan untuk mendapatkannya, diantaranya adalah:

  1. Lakukan riset singkat mengenai layanan yang menyediakan hosting dan domain untuk edu, Anda bisa mencarinya di internet karena layanan jasa seperti ini sudah banyak di temukan.
  2. Lanjutkan dengan bertanya lebih lanjut mengenai domain yang hendak Anda cari, pakai tool khusus jika layanan penyedia domain memilikinya.
  3. Apabila tersedia, Anda bisa melanjutkan dengan membeli domain tersebut dan melakukan kerja sama dengan layanan penyedia hosting dan domain.
  4. Jika pembelian nama domain telah selesai, maka Anda bisa mendapatkan hak untuk menggunakan domain tersebut. lakukan pemindahan alamat website Anda dari domain yang sebelumnya ke domain edu.

Terkait dengan proses pemindahan, Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan bertanya langsung pada layanan jasa domain dan hosting yang Anda gunakan. Apabila sudah memiliki domain tersebut, Anda bisa langsung mengisinya dengan konten pendidikan atau edukasi sesuai dengan namanya.

Demikianlah informasi mengenai nama domain, jenis dan fungsinya di internet. Semoga dengan informasi tersebut Anda tidak kesulitan untuk mendapatkan domain pilihan yang di inginkan. Penting untuk memilih nama alamat domain yang tepat sesuai dengan model website yang Anda kelola.